Atasi Desain Dapur Minimalis yang Kecil

4 Siasat Ibu Pintar dalam Atasi Desain Dapur Minimalis yang Kecil

Anda pasti tahu, desain dapur minimalis yang kecil kadang bisa jadi masalah untuk kebanyakan orang. Sebab, mereka tak bisa beraktivitas dengan bebas di dapur karena terbatasnya ruang. Namun, bagi ibu-ibu pintar dan kreatif, mereka bisa mengatasi masalah yang sering terjadi di dapur berukuran minimalis ini.

Ada saja cara yang mereka lakukan untuk membuat ruangan yang kecil menjadi lebih nyaman dan bisa beraktivitas dengan bebas di dalamnya. Lalu, apa saja siasat yang biasa dilakukan ibu yang pintar dalam mendesain dapur kecil mereka untuk jadi terasa lebih lapang dan nyaman di dalamnya? Cek di sini!

  1. Mengatasi Keterbatasan Ruang Penyimpanan di Desain Dapur Kecil

Hal pertama yang biasa ibu pintar lakukan untuk mengatasi ruang kecil di dapur mereka adalah mengatasi keterbatasan ruang penyimpanan terlebih dulu. Masalah penyimpanan memang sudah jadi problem yang klasik dialami mereka yang memiliki dapur yang kecil. Bahkan, dapur yang besar sekalipun kadang masih mengalami masalah ini.

Jika Anda membiarkannya, akibat dari keterbatasan ruang penyimpanan ini dapur akan terlihat berantakan. Ibu yang pintar biasanya memiliki cara tepat dalam melakukan penataan di barangnya. Misalnya saja, mereka memanfaatkan kabinet penyimpanan atas dan bawah yang luas. Selain itu, mereka juga memanfaatkan sudut dapur dengan tempat khusus.

Namun, ada juga di antara mereka yang menggunakan organizer dapur yang ditempelkan di dinding sebagai bahan tambahan penyimpanan mereka. Misalnya saja, bisa digunakan untuk menyimpan peralatan bersih-bersih dapur. Ada juga yang sengaja membuat kabinet hingga menyentuh langit-langit meski kadang harus repot sendiri saat mengambil yang tinggi.

  1. Siasati Tatanan Dapur yang Tak Selaras

Hal lain yang dilakukan ibu pintar untuk menyiasai desain dapur minimalis yang kecil adalah menyiasati tatanan dapur yang tak selaras. Maksudnya, letak dari peralatan dapur yang digunakan berada saling berjauhan sehingga Anda akan kesulitan sendiri dalam menjangkaunya. Apalagi ini juga sangat menghabiskan waktu dan bisa buat stres.

Untuk itu, Anda bisa menyiasati dengan mempelajari gaya memasak Anda terlebih dulu atau cara kerja Anda selama di dapur. Anda bisa letakkan tempat cuci piring atau sayur di dekat Anda mencincang sayur, lalu kompor di sebelahnya serta dilanjutkan dengan bumbu-bumbu dapur. Ini akan membuat Anda lebih mudah menjangkau dan beraktivitas di dapur.

  1. Menyiasati Susunan Kabinet yang Tak Tepat

Kabinet yang memiliki susunan tak tepat biasanya memiliki benda yang letaknya saling berjauhan untuk barang sejenis. Untuk itu, ibu yang pintar biasanya mengatur ulang untuk hal ini. Mereka juga akan memilih pintu kabinet yang terbuka sempurna dan tidak saling terbentur saat dibuka untuk memudahkan mereka dalam mencari barang.

  1. Mengatasi Kurangnya Area Kerja di Dapur

Dapur yang kecil juga memiliki masalah kurangnya area kerja. Padahal, area kerja sangat diperlukan untuk menciptakan aktivitas memasak yang efisien dan aman. Oleh sebab itu, ibu yang pintar biasanya menyediakan lebih banyak permukaan kerja dalam ruang dapur mereka seperti meja untuk menaruh peralatan dapur panas dan lainnya agar lebih aman.

Apa Anda juga bisa menerapkan tips dan siasat para ibu pintar di atas untuk menyiasati dapur minimalis yang sempit? Jika sudah menerapkan hal di atas dan ternyata Anda juga belum bisa menemukan cara yang tepat, cobalah untuk minta bantuan Arsitag. Ada banyak jasa profesional dalam desain interior dan eksterior yang bisa Anda manfaatkan.