Ini Rahasia Atlet Sepakbola dalam Memilih Sepatu Adidas yang Tepat

Ini Rahasia Atlet Sepakbola dalam Memilih Sepatu Adidas yang Tepat

Sepatu Adidas memang sangat lekat hubungannya dengan para atlet, terlebih dengan pesepakbola. Terlebih, sepatu ini adalah supplier nomor satu untuk pemain sepakbola saat ini. Namun, meski begitu bukan berarti atlet sepakbola bisa dengan sembarang memilih sepatu ini. Ada cara yang mereka lakukan agar mendapatkan sepatu yang tepat! Seperti apa?

  1. Menyesuaikan Jenis Tapak Sepatu

Sepatu olahraga merek Adidas memiliki tiga jenis tapak sepatu. Jenis tapak sepatu yang ada saat ini adalah hard ground, studs firm ground, serta studs soft ground. Masing-masing dari tapak sepatu tersebut memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Misalnya saja, untuk studs hard, tapak sepatu ini memiliki ciri yang pendek dan tidak runcing.

Bahan yang iasa digunakan adalah plastik atau karet. Sedangkan soft studs memiliki ciri yang lebih panjang dan runcing dengan bahan dasar karbon ataupun besi. Sedangkan untuk firm studs yang biasanya digunakan untuk sepatu dalam ruangan, terbuat dari bahan karet mentah yang biasanya digunakan untuk bermain bola di dalam ruangan.

Semua jenis tapak sepatu ini biasanya digunakan untuk menghadapi jenis lapangan yang berbeda. Ada yang untuk lapangan basah seperti hard studs, lapangan kering dan playwood seperti soft studs dan lapangan sintetis yang bisa menggunakan dua jenis sepatu ini asalakan tapaknya memiliki ukuran turf yang kecil. Inilah yang biasanya dipertimbangkan lebih dulu.

  1. Menyesuaikan Posisi Pemain

Selain itu, sepatu Adidas ini juga dipilih berdasarkan posisi bermain. Untuk pemain belakang seperti back dan keeper, karakter sepatu yang dibutuhkan adalah yang kuat dan kukuh serta memiliki struktur yang solid. Guna dari sepatu jenis ini adalah agar bisa menahan kaki tatkala harus melompat.

Sedangkan untuk pemain tengah atau midfielder yang bertugas menjadi pengatur jalannya permainan, bisanya menggunakan sepatu dengan karakter stud yang bisa menambah akurasi tendangan dan stabilitas mereka. Untuk di posisi sayap atau wing, karakter sepatu yang dibtuhkan adalah yang memiliki bobot ringan dan nyaman.

Sepatu jenis ini akan mendukung peran mereka dalam menggiring bola ke area lawan dengan kecepatan tinggi. Terakhir, posisi striker. Karakteristik sepatu yang dibutuhkan penyerang ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan pemain sayap. Mereka butuh sepatu yang ringan dan bisa mendukung pergerakan mereka agar bisa menghasilkan tendangan yang lebih akurat.

  1. Mengontrol Ukuran Kaki Secara Berkala

Hal yang agak berbeda dari kebanyakan orang ini sering dilakukan si pemain bola ketika memilih sepatu bola yang tepat. Mereka akan mengontrol ukuran kaki sebelum membeli sepatu, atau paling tidak sekali dalam setahun. Ini dikarenakan ukuran kaki yang bisa berubah dari waktu ke waktu.

Perubahan yang kecil ini bisa menjadi hal yang buruk bila mereka memilih sepatu yang salah saat pertandingan. Mereka bisa saja cedera dan mengalami hal buruk lainnya. Biasanya, para pemain bola ini memilih waktu yang tepat ketika harus membeli sepatu bola.

Waktu tersebut adalah ketika kaki mereka sedang berada dalam ukuran terbesarnya. Saat ini bisa terjadi ketika mereka melakukan aktivitas berat seharian seperti jogging, bersepeda, jalan-jalan dan lain sebagainya. Selain itu, untuk lebih maksimal, biasanya mereka juga membeli pada sore atau malam hari.

Nah, Anda juga berniat membeli sepatu Adidas untuk olahraga sepakbola yang Anda tekuni bersama geng sekarang? Kalau iya, coba terapkan rahasia para pemain sepakbola di atas dalam memilih sepatu. Dengan begitu, Anda tak akan salah memilih dan terhindar dari cedera ketika menggunakannya di saat berolahraga.