Penyebab Terjadinya Keguguran Berdasarkan Usia Kandungan

Penyebab Terjadinya Keguguran Berdasarkan Usia Kandungan

Bisa melahirkan bayi dengan melakukan persalinan normal merupakan impian semua ibu. Persalinan normal terjadi dengan kondisi bayi dan ibu yang sehat. Ketika Anda tidak bisa menjalani persalinan karena telah keguguran akan merasa sangat sedih. Berikut ini penyebab terjadinya keguguran berdasarkan usia kandungan.

  1. Keguguran di Usia Kandungan 1-2 Bulan

Keguguran pada usia 1-2 bulan terjadi karena kondisi rahim yang tidak normal. Ketika bentuk rahim Anda tidak normal dapat menyebabkan terjadinya implantasi yang tidak berjalan dengan sempurna. Adanya bakteri yang menginfeksi janin Anda.

Di usia ini keguguran dapat terjadi karena Anda mengalami gangguan sistem kekebalan. Salah satu contohnya adalah Anda tidak bisa menerima janin yang sudah tumbuh di dalam kandungan. Anda mengalami penyakit PCOS yang menyebabkan terjadinya keguguran secara berulang.

Penyakit ini terjadi karena kadar testosteron di dalam tubuh sangat tinggi yang mengakibatkan resistensi insulin dan meningkatkan keguguran. Janin mengalami pertumbuhan yang baik hanya saja tidak bisa bertahan dengan  ruang rahim yang sempit sehingga terjadinya keguguran.

  1. Keguguran di Usia Kandungan 4 Bulan

Penyebab keguguran pada usia kandungan 4 bulan adalah adanya pendarahan dari vagina yang terasa nyeri keram pada bagian bawah perut. Keluarnya jaringan/tissue melalui vagina Anda dan bayi tidak mengalami perkembangan.

Terjadinya keguguran karena adanya peradangan pada saluran rahim atau pertumbuhan pada saluran rahim.  Terjadinya tali plasenta yang putus karena terlepas dari dinding rahim yang ditandai dengan pendarahan dan sakit perut.

Kondisi keguguran di usia ini bisa terjadi karena hamil di usia 35 tahun atau lebih. Anda mengalami riwayat sickle cell anemia. Anda memiliki tekanan darah yang tinggi dan juga pernah mengalami trauma atau cedera pada perut. Mengalami placenta previa karena plasenta terletak di bagian bawah rahim, baik sebagian hingga seluruhnya yang menutupi saluran rahim.

  1. Keguguran di Usia Kandungan 5-6 Bulan

Mengalami infeksi jamur atau infeksi HPV yang dapat menyerang kandungan Anda hinga memicu terjadinya kelahiran premature atau keguguran. Infeksi ini menyerang bagian paru-paru yang menyebabkan sesak napas hingga mengganggu kerja organ tubuh lainnya.

Agar Anda tidak terinfeksi dengan mudah, maka harus memiliki sistem imun yang stabil. Anda harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi hingga kebutuhan bayi dan tubuh Anda terpenuhi. Salah satunya dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil dengan harga lebaran sale 2018 hingga 18% yang bisa didapatkan di toko perlengkapan ibu dan bayi Orami.

Infeksi ini bisa Anda cegah dengan menghindari konsumsi daging mentah atau tidak matang selama kehamilan. Pastikan kebersihan makanan, sayuran, dan buah-buahan yang dikonsumsi. Hindari juga kontak dengan hewan peliharaan.

Keguguran merupakan sebuah kondisi yang terjadi karena Anda kurang hati-hati dalam merawat diri selama kehamilan. Anda harus melakukan pemeriksaan yang rutin terlebih jika memiliki riwayat keguguran di kehamilan sebelumnya.